Senin, 09 Januari 2017

Beberapa Fakta Yang Salah Tentang Uban

uban

Banyak sekali fakta tentang uban yang beredar di masyarakat, tapi ternyata banyak fakta yang salah tentang uban, seperti fakta-fakta berikut yang tidak benar mengenai uban yang subwaysurfertriche.com kutip dari liputan6.
Uban kerap kali menjadi salah satu hal yang paling mengganggu penampilan. Maka wajar saja jika kemudian banyak mitos yang berkembang seputarnya.

Banyak orang ingin mencegah uban datang terlalu dini. Maka tidak sedikit di antara mereka yang mempercayai mitos seputar uban. Supaya tidak terjebak ke dalam mitos yang menyesatkan, yuk, ketahui kebenaran soal uban seperti dilansir dari gaizupath.com, Selasa (3/1/2017), berikut.

1. Uban bisa timbul karena panik
Mitos ini banyak berkembang di masyarakat. Orang perlu menghindari panik atau ketakutan karena uban bisa timbul di kala mereka merasa demikian. Padahal ilmuan telah meneliti uban dan manyatakan bahwa uban merupakan pertanda sel rambut yang telah mati saat mencapai usia tertentu. Sehingga kehadirannya bukan diakibatkan oleh rasa panik yang melanda.

2. Dua uban akan tumbuh bila satu dicabut
Saat melihat uban, orang cenderung ingin segera mencabutnya. Namun, mereka takut jika uban dicabut akan tumbuh uban lainnya yang lebih banyak. Padahal itu bukan berarti demikian. Bahkan jika Anda beruntung, mencabut uban justru akan mengembalikan proses melanogenesis yang membuat rambut berwarna kembali.

3. Anda dapat mencegah uban jika mencucinya setiap hari
Tidak ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa uban dapat dicegah dengan keramas setiap hari. Namun, rajin keramas dapat membuat rambut bersih dari minyak dan kotoran. Kedua hal itu tidak terlalu berhubungan dengan tumbuh atau tidaknya sang uban.

4. Pewarnaan mempercepat timbulnya uban
Pewarnaan rambut tidak berhubungan dengan timbulnya uban. Sebab, bagian rambut yang bertanggung jawab akan timbulnya uban adalah folikel rambut.

5. Paparan cahaya matahari menyebabkan uban
Meskipun paparan cahaya matahari berisiko memicu penyakit pada kulit atau mata, tetapi tidak terbukti pada uban. Namun, ada baiknya Anda tetap menghindari paparan matahari berlebihan karena akan membuat rambut kering.

6. Menopause menyebabkan uban
Menopause tidak menyebabkan uban karena sebenarnya usia lah yang lebih bertanggung jawab. Menopause biasanya terjadi pada usia lanjut sehingga merupakan waktu tepat terjadinya uban.


EmoticonEmoticon