Senin, 13 Januari 2020

6 Fakta Unik Tentang Kereta Api Bima

Kereta Api Bima

Siapapun tentu tentu tahu, bahwa KA Bima adalah KA eksekutif jurusan Jakarta – Malang atau sebaliknya. Dengan melayani keberangkatan dari Stasiun Gambir, dan titik pemberhentian terakhir di Stasiun Malang (Kotabaru). Dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Kini fasilitas yang ada di PT. KAI ini terbilang lebih nyaman, dengan layanan yang terbilang prima. Namun yang tidak banyak orang ketahui ada, beberapa fakta unik tentang KA yang jarak tempuhnya sekitar 15 jam ini ! 
 
Kereta eksekutif pertama
Yang tidak banyak orang tahu, adalah KA Bima ini adalah kereta api eksekutif pertama yang dimiliki oleh Indonesia. Sejak peluncuran pertamanya, yaitu pada Juni 1967, kereta ini sudah menggunakan kereta tidur dari pabrik Waggonbau Gorlitz asal Jerman Timur. Layanan yang diberikan seringkali dinilai sekelas dengan hotel berbintang. 
 
Selain itu, kereta ini juga sudah difasilitasi dengan kereta pembangkit dalam rangkaiannya. Kebangkitan kembali KA Bima
 
Memasuki tahun 1984 silam, fasilitas yang ada di KA Bima ini, berubah menjadi kereta tempat duduk, seperti KA pada umumnya. Tidak hanya itu, KA tersebut juga pernah mengalami penurunan kualitas layanan, hingga akhir dekade 1980-an. 
 
Namun beberapa tahun belakangan ini, KA Bima mulai mengalami kebangkitan, dengan memberbaharui rangkaian gerbong yang ada, dan menggunakan rangkaian gerbong baru, pastinya dengan kualitas layanan serta fasilitas yang juga baru. Seperti yang ada saat ini, mulai dari adanya fasilitas AC, Stop kontak, layanan selimut dan bantal, serta aneka fasilitas lainnya.  
 
Asal usul nama
Fakta unik berikutnya adalah tentang asal usul nama KA Bima tersebut. Ada yang mengatakan bahwa KA Bima ini, adalah singkatan dari Biru Malam. Disebut demikian, karena pada saat peluncurannya, KA ini, menggunakan rangkaian gerbong yang bercat biru. 
 
Ada juga yang mengaitkan dengan salah satu tokoh dalam karakter Mahabharata, yang bernama Bima. Adalah seorang yang digambarkan, mempunyai karakter tubuh yang kuat, besar, tegar, kuat dan juga pemberani. Hal ini juga yang mengacu pada pelayanan dan kehandalan dalam pelayanan yang diberikan oleh para staff KA Bima, selama perjalanan. 
 
Rute perjalanan
Yang tidak banyak orang ketahui adalah pada awalnya, kereta api ini hanya menghubungkan antara Jakarta hingga ke Surabaya, atau sebaliknya. Namun kini KA ini, memberikan layanan yang lebih panjang, dari Jakarta hingga ke Malang. 
 
Jalur menuju Bali
KA Bima, juga sering digunakan oleh para traveler, sebagai moda transportasi yang nyaman,  antara Jakarta ke Bali. Pertama-tama para traveler, akan menggunakan KA Bima dari stasiun Gambir -Jakarta  hingga ke Stasiun Gubeng –Surabaya. Singgah di ruang VIP yang ada di stasiun Gambir, kemudian perjalanan akan dilanjutkan menggunakan KA Mutiara Timur  malam, dengan tujuan ke Banyuwangi. Pastinya KA ini akan sampai ke Banyuwangi pada pagi hari. Dari sini, perjalanan akan dilanjutkan menggunakan bus menuju Denpasar.    
  
Kereta tercepat
Selama perjalanan, para penumpang tidak hanya disuguhkan dengan aneka pemandangan alam yang sangat menarik. Namun para penumpang juga akan disuguhkan, dengan kelihaian masinis dalam menjalankan kereta. Selama di kawasan Jakarta, kecepatan standar yang digunakan. Namun selepas Cikampek, maka, laju kereta akan terasa semakin cepat. Bahkan rata-rata sekitar 95 hingga 100 km/h. Disini Anda akan merasakan sensasi perjalanan unik menggunakan kereta api. 
 
Ganti posisi tempat duduk

Ada yang unik, ketika Anda menggunakan KA Bima ini, terutama untuk tujuan Malang. Setibanya di stasiun Gubeng, kereta akan transit selama beberapa waktu. Selain untuk beristirahat, juga sebagai waktu untuk mengganti posisi tempat duduk. Tempat duduk yang asalnya di depan, kini akan berbalik arah menjadi ke belakang, caranya adanya dengan memutar posisi tempat duduk itu sendiri. Artinya gerbong kereta yang awalnya berada di depan, kini berbalik menjadi di belakang, demikian pula sebaliknya. Tentunya hal ini akan dilakukan oleh para petugas kereta.
 
KA Bima memang sudah beberapa kali mengalami perombakan selama perjalanannya. Kini KA tersebut, sudah berganti penampilan, dengan memberikan kembali pelayanan primanya. Anda yang ingin traveling secara nyaman ke kawasan timur, tidak ada salahnya jika menggunakan layanan KA Bima tersebut.


EmoticonEmoticon